• DESKRIPSI GAMBAR 1
  • DESKRIPSI GAMBAR 2
  • DESKRIPSI GAMBAR 3
  • DESKRIPSI GAMBAR 4

Mengenal 4 Tipe Kepribadian manusia

Dalam kehidupan sehari hari kita akan mengenal beberapa Tipe kepribadian manusia terkadang kita hanya menebak-nebak untuk mengetahui kepribadian seseorang, jika dilihat secara umum memang banyak unsur pembentuk kepribadian manusia, kali ini kita akan lebih mengetahui dan mengenal tentang 4 unsur pembentuk kepribadian manusia.



Hippocrates seorang dokter dari Yunani yang dikenal sebagai “the father of medicine” (Bapak Ilmu Kedokteran) menyatakan bahwa kesehatan dan karakter kita di dasarkan atas keseimbangan empat jenis cairan tubuh, yaitu darah merahphlegm (respiratory secretions)yellow bile (empedu kuning) dan black bile (empedu hitam). Setiap tempramen atau emosi pada manusia merupakan hasil dari jumlah salah satu cairan tubuh yang lebih dominan di dalam diri kita.

predominan darah merah akan menghasilkan tubuh yang bersifat sanguine (Spontan & Periang)
predominan empedu kuning akan menghasilkan tubuh yang bersifat koleris (Tegas & Mandiri)
predominan empedu hitam akan menyebabkan tubuh yang bersifat melankolis (Serius & Penuh pikiran)
predominan cairan pernafasan akan menyebabkan tubuh yang bersifat phlegmatis (Rendah hati & Sabar)


Mengenal Tipe kepribadian manusia



Florence Littauer dalam bukunya yang berjudul Personality Plus menjelaskan " Setelah kita tahu siapa diri kita dan mengapa kita bertindak dengan cara seperti yang kita lakukan, kita bisa mulai memahami jiwa kitameningkatkan kepribadian kita dan belajar menyesuaikan diri dengan orang lain "





Jadi, dengan belajar mengenal tipe kepribadian begitu banyak manfaatnya dalam meningkatkan kepribadian kita, memberikan kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan dan berhubungan dengan orang lain. Sehingga kita bisa mengenal orang lain dengan cepat melalui proses pembelajaran tipe kepribadian ini, tentunya masih banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari mengetahui 4 tipe kepribadian manusia ini.



Jika ada pertanyaan "Apakah setiap orang hanya memiliki satu tipe kepribadian saja ? "

Setiap manusia memiliki keempat tipe kepribadian tersebut, namun dari semuanya hanya ada 2 unsur yang mendominasi di dalam kepribadian seseorang dan diantara lain kombinasi karakternya sebagai berikut :


Beberapa kombinasi kepribadian manusia

  • KOLERIS - MELANKOLIS
  • KOLERIS - SANGUINE
  • MELANKOLIS KOLERIS
  • MELANKOLIS - PHLEGMATIS
  • SANGUINE - PHLEGMATIS
  • SANGUINE KOLERIS
  • PHLEGMATIS - SANGUINE
  • PHLEGMATIS - MELANKOLIS


Setiap kombinasi tipe kepribadian akan menghasilkan karakter dasar yang berbeda beda, jika kita sudah mampu mengusai ilmu personality ini, kita bisa melihat atau menilai seseorang dari saat pertama kali bertemu. Melihat bagaimana karakter dasarnya, hal-hal apa saja yang harus kita waspadai dari tipe kepribadian seseorang itu dan bagaimana cara kita bersikap dalam menghadapi tipe kepribadian yang kita temui.


Jika kita amati secara umum 

Pribadi Koleris sangat berbakat menjadi seorang pemimpin , karena memiliki kepribadian yang BeraniKuat dan aktif. Seorang koleris sangat mudah di kenali dari sikap pertamanya yang berwibawa dan tegas.




Pribadi Melankolis adalah tipe yang paling rapih, tertata, terencana dan menyukai hal yang perfectionis. Tipe ini memiliki perasaan yang peka, suka tidak enakan dalam berhubungan dengan orang lain, sangat menjaga perasaan orang lain jika berkomunikasi.


Pribadi Sanguine berbeda sekali dengan tipe melankolis, seseorang dengan tipe kepribadian sanguine suka sekali berbicara mengenai banyak hal, terkadang mereka suka berbicara sesuatu yang kurang penting. Ciri yang biasa telihat pada tipe kepribadian sanguine adalah Spontan dan berantakan .


Terakhir adalah tipe pribadi Phlegmatis seseorang yang memiliki tipe kepribadian ini memiliki perasaan yang lebih tenang dan damai, mereka juga bijak dalam memutuskan berbagai keputusan karena memiliki tingkat emosi yang lebih stabil diantara tipe kepribadian lainnya.


Kesimpulan

Jika kita mulai memahami pengetahuan tentang berhubungan dengan manusia ini, kita akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi baru yang mengerti cara menghadapi manusia, kita akan lebih bijak dalam memutuskan sesuatu dan semua itu akan mempengaruhi masa depan kita. Karena ilmu pengembangan kepribadian ini salah satu ilmu yang kita butuhkan untuk terus menggali semua potensi terpendam yang berada di dalam diri kita. 

" apa tipe kepribadianmu ? "


Tipe kepribadian manusia

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Mengenal 4 Tipe Kepribadian manusia; Author Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar